Educational Serial Book Number (ESBN)

ESBN, atau Nomor Buku Seri Pendidikan, penting untuk buku pendidikan karena menyediakan sistem identifikasi unik yang dapat membantu memfasilitasi distribusi, katalogisasi, dan akses buku dan sumber pendidikan termasuk buku ajar, Buku teks, modul, buku kerja, monograf, Buku Panduan, Tutorial dan lain sebagainya. ESBN adalah sistem penomoran unik untuk buku pendidikan yang menyediakan cara standar dan sederhana untuk mengidentifikasi dan melacak buku di seluruh dunia. Dan dengan format standarnya yang sederhana, ESBN mudah digunakan dan diintegrasikan ke dalam proses pengelolaan buku Anda yang sudah ada. Apakah Anda penerbit kecil atau lembaga pendidikan besar, ESBN dapat membantu Anda mengelola inventaris buku Anda dengan lebih efektif, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan kualitas materi pendidikan Anda secara keseluruhan.

ESBN diperuntukkan bagi penerbitan buku. Nomor ESBN di bawah konsorsium ESAA Project European Commission ID2021048 meliputi organisasi Nasional dan International seperti Oceans-Network European, Organisasi ESAA Eropa, Indonesian Literacy Association, Mata Garuda LPDP Kalbar, Ikatan Guru LPDP, Penerbit PGRI Kalbar dan Yudha English Gallery. Inisiator dan Penemu pengkodean ini adalah Rahmat Putra Yudha, M.Ed TESOL, sebagai koordinator dari Project Internasional ini. Untuk memperolehnya bisa dilakukan dengan menghubungi perwakilan lembaga ESBN.

 

ESBN Terdaftar di GS1 US menjadikan ESBN Memiliki standar International

Seperti hal nya ISBN yang terdaftar di GS1 US, ESBN mulai 2023 telah terdaftar dan menjadi anggota GS1 US selaku otoritas Dunia dalam bidang Barcode dan Penomoran. ESBN terdaftar dengan nomor GTIN 197644309436 yaitu Global Trade International Number. Dengan No GTIN ini diperoleh no Company Prefix ESBN yaitu 976443 yang menjadi angka awal ESBN di setiap Negara. Cek keanggotaan GS1 US disini

Validasi No ESBN di www.ESBN-international.com/ESBN-checker

No ESBN hanya di dapatkan melalui Penerbit / Kampus Press, dan Lembaga swasta dan Lembaga Pemerintah.

Contoh:

Menggunakan GTIN GS1 US Sebagai awalan ESBN.

Angka awalan ESBN dari no GTIN ialah 976443.

360-0000001-23-9

No ESBN terdiri dari 3 digit Kode Negara, 7 digit unik Nomor Buku, 2 digit Tahun terbit dan 1 digit Jenis Buku Pendidikan.

Barcode menggunakan sistem code 128. Code 128 adalah salah satu jenis barcode yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk angka, huruf besar, huruf kecil, dan karakter khusus lainnya. Setiap karakter direpresentasikan oleh pola garis dan spasi yang berbeda. Code 128 dapat menyimpan hingga 128 karakter dan dapat digunakan di berbagai industri. Pola garis dan spasi pada Code 128 dirancang sedemikian rupa sehingga barcode dapat dengan mudah dibaca oleh mesin pembaca barcode, dan informasi yang terkandung dalam barcode dapat diterjemahkan dengan akurasi tinggi.

website Resmi
website : https://esbn-international.com

Email : admin@esbn-international.com

Jenis-jenis Buku Pendidikan / Materi Pendidikan

1. Buku Teks – (Textbook)

Buku teks adalah bahan instruksional tertulis yang digunakan dalam mengajar mata pelajaran atau kursus tertentu. Buku teks biasanya ditulis oleh para ahli materi pelajaran dan dirancang untuk memberikan cakupan yang komprehensif dari konsep kunci, teori, dan topik yang terkait dengan bidang studi tertentu.

Buku teks biasanya digunakan dalam pengaturan pendidikan formal, seperti sekolah dan universitas, dan sering dianggap sebagai komponen kurikulum yang mendasar. Mereka dapat digunakan untuk mengajar berbagai mata pelajaran, termasuk matematika, sains, sejarah, sastra, dan bahasa asing.

2. Buku Pengayaan – (Enrichment book) 

Buku pengayaan adalah jenis buku yang dirancang untuk memberikan kesempatan belajar tambahan dan memperluas pengetahuan pembaca di luar kurikulum dasar. Buku pengayaan biasanya digunakan untuk melengkapi pendidikan formal, dan dapat digunakan oleh siswa, pendidik, atau individu yang tertarik dengan pembelajaran mandiri.

3. Buku Referensi – (Reference Book)

Buku referensi adalah jenis buku yang dirancang untuk memberikan akses cepat ke informasi tentang berbagai topik. Buku referensi biasanya diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efisien.

Contoh buku referensi antara lain kamus, ensiklopedia, atlas, almanak, dan direktori. Buku-buku ini biasanya disusun menurut abjad, berdasarkan subjek, atau menurut wilayah geografis, dan mungkin menyertakan indeks, glosarium, dan alat referensi lainnya untuk membantu pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan.

4. Lembar kerja siswa/guru – (Student / Teacher Work)

Lembar kerja siswa/guru adalah salah satu jenis bahan ajar yang digunakan dalam pendidikan untuk mendukung pembelajaran siswa dan instruksi guru.

Lembar kerja siswa biasanya merupakan dokumen yang menyediakan siswa dengan kegiatan terstruktur, latihan, atau pertanyaan yang berkaitan dengan topik atau mata pelajaran tertentu. Lembar kerja ini dapat digunakan untuk memperkuat konsep yang dipelajari di kelas, untuk memberikan latihan tambahan, atau untuk menilai pemahaman siswa. Lembar kerja siswa dapat dalam berbagai format, termasuk pilihan ganda, jawaban singkat, isian kosong, atau pertanyaan esai.

Lembar kerja guru adalah dokumen yang digunakan oleh guru untuk merencanakan dan mengatur pengajaran mereka. Lembar kerja ini biasanya mencakup informasi tentang tujuan pelajaran, bahan yang dibutuhkan, dan strategi pembelajaran yang akan digunakan. Lembar kerja guru juga dapat mencakup kegiatan yang disarankan, pertanyaan diskusi, atau alat penilaian untuk membantu guru menilai pembelajaran siswa.

5. Laporan pendidikan / Koleksi praktik terbaik dalam pendidikan – (Education Report / Best Practice Collection in Education)

Laporan pendidikan adalah dokumen yang memberikan analisis tentang aspek pendidikan tertentu, seperti prestasi siswa, kebijakan pendidikan, atau pelatihan guru. Laporan-laporan ini dapat dihasilkan oleh lembaga pemerintah, organisasi pendidikan, atau lembaga penelitian, dan biasanya digunakan untuk menginformasikan pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan di sektor pendidikan.

Kumpulan best practice di bidang pendidikan merupakan kompilasi studi kasus atau contoh program atau praktik pendidikan yang sukses yang telah diimplementasikan dalam berbagai konteks. Koleksi ini dapat digunakan untuk menginspirasi inovasi dan perbaikan dalam pendidikan dengan menyoroti model-model sukses yang dapat diadaptasi dan direplikasi di tempat lain.

6. Modul/e-modul – (Module / E-Modul)

Modul adalah unit instruksi mandiri yang dirancang untuk mengajarkan topik tertentu atau serangkaian topik terkait. Modul sering digunakan dalam pengaturan pendidikan, seperti sekolah, universitas, dan program pelatihan perusahaan, untuk memberikan pendekatan pembelajaran yang terstruktur.

Modul biasanya mencakup seperangkat tujuan pembelajaran, bahan ajar, dan alat penilaian. Bahan ajar dapat mencakup konten tertulis, video, rekaman audio, latihan interaktif, dan jenis sumber multimedia lainnya. Alat penilaian dapat berupa kuis, tes, atau jenis penilaian lain yang digunakan untuk mengevaluasi

7. Monografi / Laporan penelitian – (Monographs / Research Report)

Monografi dan laporan penelitian adalah dua jenis dokumen yang biasa digunakan dalam pengaturan akademik dan penelitian untuk mengkomunikasikan temuan penelitian dan informasi ilmiah.

Monografi adalah studi terperinci dan mendalam tentang topik tertentu, sering kali ditulis oleh seorang penulis tunggal atau sekelompok kecil penulis. Monograf dapat diterbitkan sebagai buku mandiri, atau sebagai bagian dari seri atau koleksi yang lebih besar. Mereka biasanya menyajikan penelitian dan analisis asli, dan mungkin termasuk tinjauan literatur yang luas, analisis data, dan diskusi teoretis.

Laporan penelitian adalah dokumen yang menyajikan temuan dari proyek atau studi penelitian tertentu. Laporan penelitian biasanya lebih pendek dan lebih fokus daripada monograf, dan dapat ditulis oleh seorang penulis tunggal atau tim peneliti. Mereka sering memasukkan bagian tentang metodologi penelitian, analisis data, dan kesimpulan, dan dapat diterbitkan dalam jurnal akademik, repositori penelitian, atau outlet lainnya.

8. Buku panduan/tutorial – (Guidebooks / Tutorials)

Buku panduan adalah dokumen yang memberikan petunjuk langkah demi langkah atau panduan tentang cara melakukan tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu. Buku panduan dapat ditulis untuk khalayak luas, dari pemula hingga praktisi tingkat lanjut, dan dapat mencakup topik seperti aplikasi perangkat lunak, prosedur teknis, atau proses kompleks lainnya.

Tutorial adalah jenis bahan instruksional yang memberikan instruksi dan praktik langsung dalam keterampilan atau proses tertentu. Tutorial dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk video, simulasi interaktif, atau lokakarya tatap muka. Mereka biasanya memberikan pengalaman belajar yang terstruktur, dengan tujuan, kegiatan, dan penilaian yang jelas yang dirancang untuk membantu peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru.

9. Buku terjemahan dari buku pendidikan – (Translation Book of Educational Book)

Buku terjemahan buku pendidikan adalah versi buku pendidikan asli yang telah diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain. Buku terjemahan biasanya digunakan untuk membuat materi pendidikan tersedia bagi siswa dan pendidik di berbagai negara atau wilayah, dan dapat membantu mempromosikan pemahaman dan pertukaran lintas budaya.

Proses menerjemahkan buku pendidikan melibatkan beberapa tahapan, termasuk memilih penerjemah yang fasih baik dalam bahasa sumber maupun bahasa sasaran, bekerja sama dengan penerjemah untuk memastikan bahwa konsep dan ide utama disampaikan secara akurat, dan meninjau dan mengedit teks yang diterjemahkan untuk memastikan kualitas dan akurasinya.

0. Produk pendidikan seperti (film, media, dan Lagu) – (Others Education Movie, Song, or Media)

Film dapat digunakan untuk mengajarkan sejarah, sastra, dan studi sosial dengan menggambarkan peristiwa, karakter, dan tema secara visual dan dinamis. Mereka juga dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep baru, mempromosikan pemikiran kritis, dan mendorong diskusi dan debat di antara siswa.

Media, seperti podcast dan dokumenter, dapat memberi siswa akses ke berbagai informasi dan perspektif, dan dapat digunakan untuk mengajar berbagai mata pelajaran, dari sains dan teknologi hingga politik dan ekonomi. Dengan memasukkan media ke dalam kurikulum, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih beragam dan inklusif yang mendorong rasa ingin tahu dan menumbuhkan kecintaan belajar.

Lagu juga dapat menjadi alat pendidikan yang berharga, khususnya dalam pembelajaran bahasa, karena lagu dapat membantu siswa mempelajari kosa kata, tata bahasa, dan pelafalan dengan cara yang menyenangkan dan mudah diingat. Lagu juga dapat digunakan untuk mengajarkan sejarah, budaya, dan masalah sosial, dan dapat mendorong siswa untuk mengeksplorasi genre dan gaya musik yang berbeda.

Educational Serial Book Number (ESBN) Request Form

Sistem ESBN (Educational Serial book Number) terdaftar:
ESBN
ESBN - Educational Serial Book Number

ESBN Generator

ESBN Generator



Copyright by esbn-international.com
ESBN - Educational Serial Book Number

Cek Buku yang telah mendapatkan ESBN

INTERNATIONAL

Terdaftar Resmi GS1 US

download (12)

NASIONAL

Secara Resmi Terdaftar

PSE-1-1-q8pnlc47cvya7vfoy6ezanvupvbo9k6lzg40dir6kg